Selasa, 26 Maret 2013 - 09:05:43 WIB
UNP Launching Logo MTQ Nasional Tingkat Mahasiswa
Diposting oleh : Ridho
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 611 kali

PADANG - Dua universitas terkemuka di Sumbar terpilih menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mahasiswa ke XIII tingkat nasional yang akan diselenggarakan Mei mendatang.

Direncanakan pembukaan MTQ mahasiswa tersebut akan dihelat di Stadion H.Agus Salim Padang. Ini mengulang memori masyarakat Kota Padang pernah menggelar MTQ tingkat nasional ke XIII tahun 1983 di era Gubbernur Hasan Basri Durin.

Sedangkan untuk logo MTQ telah dilaunching oleh kedua universitas tersebut pada Senin (25/3) di Mesjid Al Azhar UNP Padang yang dihadiri Rektor UNP Prof Phil Yanuar Kiram, Ketua Pelaksana MTQ yang juga Pembantu Rektor III Unand Prof Novesar Jamarun, dan Wakil Ketua Pelaksana Dr Syahrial Bakhtiar . Logo MTQ dibuat oleh seorang seniman bernama Hanafi.

Dalam sambutannya Ketua Pelaksana MTQ Prof Novesar Jamarun mengungkapkan terpilihnya kedua universitas unggulan di Sumbar tersebut karena punya koordinasi yang kuat disegala bidang.

Apalagi dikatakan Prof Novesar, Unand dan UNP selalu bersama-sama menyelenggarakan kegiatan, Baik itu kegiatan MTQ saat ini maupun kegiatan lainnya seperti SNMPTN."Maka dari itu kita dipercaya menjadi tuan rumah. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita,"tukasnya.

Novesar merinci, dalam Kejuaraan MTQ tingkat nasional tersebut akan dilombakan 12 cabang, seperti cabang cerdas cermat, juzz, tilawah, tartil Quran. Sedangkan cabang tempat pelaksanaan telah dibagi PR II UNP Dr Alizamar dengan Dikti, enam cabang di Unand dan enam cabang di UNP.

Rektor UNP Padang Prof Phil Yanuar Kiram juga mengatakan dipercayakan MTQ ke Sumbar karena harmonisnya Unand dan UNP Padang. Apalagi kedua universitas ini punya kerjasama dan koordinasi yang baik di beberapa kegiatan pendidikan.

Prof Yanuar Kiram berharap kegiatan ini bisa sukses digelar di Padang. Hal ini juga termasuk kegiatan syiar islam. Dengan MTQ ini tentu akan teremban amanah untuk bertanggung jawab mengembangkan agama islam di Sumbar.(Ridho)


0 Komentar :