Rabu, 21 Agustus 2013 - 11:14:48 WIB
Sumbar Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia Masih Terkendala Dengan Air Bersih
Diposting oleh : Ridho
Kategori: Sumbar - Dibaca: 288 kali

Padang - Persiapan Sumatera Barat yang terpilih sebagai tempat pelaksanaan Hari Pangan Se-dunia (HPS) yang ke-33 terus mematangkan. Pembahasan persiapan tersebut dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Selasa (20/8). Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Syukur Irwanto mengatakan, bahwa dalam perencanaan memperingati Hari Pangan Se-Dunia yang di laksanakan tanggal 24-27 Oktober.  Dimana pameran diisi dengan seperti , demo-demo, cara menanam yang baik, dan tanaman bibit unggul. Dimana lapangan di Jl. By Pass, tepatnya depan kantor TVRI Sumbar akan dipilih sebagai tempat pemusatan acara.

Ia juga mengatakan, terdapat beberapa kendala yang terdapat dalam persiapan. Salah satunya adalah mendapatkan persediaan air bagi para peserta dan undangan masing-masing. "Permasalahan yang ditemui adalah permasalahan air bersih. Apakah akan didapat dari air PDAM, atau sumur bor yang digali. Terlebih untuk para undangan seperti Gubernur dari provinsi lainnya. Sedangkan untuk penginapan semua telah selesai," jelasnya.

 Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan bahwa hal tersebut akan dibicarakan dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar terlebih dahulu."Semua itu akan dibicarakan dulu dalam pertemuan khusus. Seperti permasalahan air, tentunya ke PDAM," tuturnya.

Irwan Prayitno juga mengatakan, bahwa pertama dirinya menyambut baik atas dipilihnya Sumatera Barat yang sebagai tempat pelaksanaan. Selanjutnya, ia berpesan kepada para masyarakat Sumbar agar nantinya ikut serta dalam menyukseskan acara besar tersebut. Menurutnya, jangan lagi ada masyarakat yang berbuat sesuatu yang dapat mencemarkan nama baik Sumbar sendiri. 

Sedangkan untuk tanggal 23 Oktober yang dijadikan sebagai hari Diplomatic Tour HPS selama sehari penuh, juga dijabarkan beberapa rute. Rute yang disepakati adalah Padang-Bukittinggi-Payakumbuh. Para anggota peserta Diplomatic Tour akan disuguhkan beberapa hal menarik yang terdapat di Sumbar yang berhubungan dengan Pangan, seperti Atraksi baruak panjek karambia di Kiambang, Hutan Lestari di Lembah Anai, Demo tanaman Organik di Baso, dan Acara di Balai Pertemuan Bibit Unggul di Padang Mengatas, Lima Puluh Kota.

Dalam kegiatan tersebut juga tampak hadir Kepala Dinas Peternakan Sumbar Herinaldi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Burhasman, Asisten III Sudirman Gani, Sekda Padang Syafril Basyir, dan beberapa SKPD Pemprov lainnya



0 Komentar :